Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang penting dalam pembangunan. Sektor pertanian utamanya berperan sebagai penyedia bahan pangan, penyedia bahan baku untuk industri kecil, menengah, dan besar, penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), penyerap tenaga kerja, dan sumber utama pendapatan rumah tangga. Beberapa subsektor pada sektor pertanian antara lain subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan.

Komoditas pertanian yang terdapat di desa banyusari disajikan pada Tabel berikut.

No.
KategoriKomoditi
1
Tanaman Pangan Padi, jagung, ubi jalar, ubi kayu, dan palawija
2
Hortikultura
Durian, pisang, papaya, dan cabai
3
PerkebunanKelapa dan kopi
4
PeternakanSapi potong, kerbau, kambing, domba, ayam petelur, ayam pedaging, ayam kampung, dan bebek

Tanaman pangan merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan dan diolah untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi manusia dan mampu menghasilkan produksi yang mengandung karbohidrat dan protein utama sebagai sumber makanan pokok bagi manusia. Pada umumnya tanaman pangan termasuk dalam tanaman musiman atau yang mampu menghasilkan dalam waktu semusim saja.

Hortikultura merupakan budidaya tanaman sayuran, buah-buahan, dan berbagai tanaman hias. Komoditas hortikultura pada umumnya ditanam sebagai tanaman sela, tanaman pekarangan, dan kebun. Seiring dengan nilai komersialnya yang tinggi, terutama sayuran dan tanaman hias, banyak dikembangkan melalui budidaya hidroponik.

Perkebunan adalah segala kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah dalam ekosistem yang sesuai, mengolah dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman
tersebut. Lahan perkebunan adalah lahan usaha pertanian yang luas, biasanya terletak di daerah tropis atau subtropis, yang digunakan untuk menghasilkan komoditas perdagangan (pertanian) dalam skala besar dan dipasarkan ke tempat yang jauh, bukan untuk konsumsi lokal.

Ternak adalah Hewan piara yang kehidupannya yakni mengenai tempat, perkembang biakan serta manfaatnya diatur dan diawasi oleh manusia dan dipelihara khusus sebagai penghasil bahan-bahan dan jasa-jasa yang berguna bagi kepentingan hidup manusia. Peternakan adalah pemeliharaan ternak dengan segala fasilitas penunjang bagi kehidupan ternak.